MAA Luncurkan Empat Buku di Tahun 2018.

by Admin
img

MAA Luncurkan Empat Buku di Tahun 2018 Banda Aceh.

Melengkapi serangkaian kegiatan Musyawarah Besar (MUBES) MAA yang dilaksanakan pada tanggal 23-24 Oktober 2018 di Grand Nanggroe Hotel, MAA sebagai lembaga yang konsen pada pengembangan dan pemajuan keistimewaan Aceh di bidang adat istiadat ikut meluncurkan empat buku baru, diantaranya : Ensklopedia Budaya Adat Aceh, yang menghimpun kekayaan khazanah adat dan budaya Aceh dalam skala lokus adat.

Selanjutnya, buku Budaya Adat, Situs Sejarah, dan Hukum dalam Membangun Aceh Hebat, buku yang konsen dalam studi melihat kembali kejayaan Aceh tempo dulu, dan modal untuk membangun Aceh Hebat dalam konteks kekinian. Dalam buku “Aceh Hebat” bahkan turut serta sumbangan tulisan dari guru besar anthropologi UGM, Prof. Irwan Abdullah.

Berikutnya buku Perilaku Budaya Adat Aceh, Narit Madja dan Petuah Maja dalam Masyarakat. Buku ini merupakan refleksi dari pemikiran Ketua MAA sendiri terkait perkembangan dan transformasi perilaku budaya adat yang dijadikan sebagai paradigma pengembangan adat ke depan. Terakhir, buku Adat Aceh milik Muhammad Husein yang disunting kembali oleh seorang pemangku adat di lembaga MAA, Nabhany AS.

Keempat buku tersebut dilounching langsung pada saat MUBES berlangsung, disaksikan dan diserahkan langsung kepada Pemangku Wali Nanggroe Aceh dan Sekda Aceh.

Dalam sambutannya, Ketua MAA selalu menekankan pentingnya produk dari studi adat, untuk dapat dijadikan acuan dan pengayaan khazanah adat ke depan. Paling penting, ini merupakan dari serangkaian aksi dan program kerja MAA saban tahun-tegas Ketua MAA.

Share this article